>>/2138/
> be mahasiswa IT
> kuliah medioker / average (IPK 3.1ish)
> cuma ngikutin yang diajarin dosen
> TFW kurikulumnya tergantung kampusnya, kalo lu kampus ruko itu masih belajar Delphi / Pascal / Symbian
> fast forward semester 8
> skripsi judul template "Sistem Informasi pada PT. XXX dengan menggunakan bahasa pemrograman Gajah Gembrot dan database MYSQL XAMPP"
> fast forward wisuda
> cari kerja
> "loh kok yang dicari aneh aneh semua? apa ini Golang, Typescript, ORM, Docker, CI/CD, Testing, Sonar System, Elasticsearch, Redis, PostgreSQL, and much more
> okelah lamar aja dulu
> fast forward dapet interview

> "kamu pernah bikin side project gak?" tanya interviewer
> "hah? enggak pernah bu?"
> "oke, kalau gitu kamu udah familiar sama Cloud Platform kayak GCP / AWS gak? Soalnya disini kami pakai itu untuk deploy"
> "hah? apa itu bu? di kampus gak pernah diajarin"
> "okelah kalau begitu, semoga kamu sukses dimana aja ya"

well, that's not my story sih alhamdulillahnya. Kalo kamu IT ngehalu dapet 8jt atau lebih setelah lulus, ya kamu harus banyak banget eksplor diluar kampus, jangan cuma berkutat di materi yang diajarkan dosen aja.

Katingku yang baru pada lulus langsung direkrut di unicorn dengan gaji 2 digit, bahkan ada yang langsung kepala 2 padahal baru banget wisuda. Ada juga yang belum lulus udah kepala 2 juga, kerja di 2 tempat. Yah gitulah IT sepengalamanku, emang gap antar yang jago sama yang enggak bisa apa-apa itu gede banget.

Aku pernah ngaslab, sering ketemu mahasiswa semester tua yang kerjaannya ngulang melulu (Tahun kemarin aku jadi aslab, dapet dia. Tahun ini aku jadi koordinator aslab, salah satu aslabku minta kontak anak angkatan tua ternyata dapat dia juga).

Well, that's mucho texto for you and siapa juga yang mau baca teks sepanjang itu jam 1 pagi. Tapi bodo lah hiburanku disela-sela hectic skripsi + magang.